Cara Pakai Ice Pack


Sebelum dipakai, ice pack perlu dibekukan hingga optimal menggunakan chest freezer atau blast freezer dengan  memperhatikan hal-hal berikut : 

​Chest freezer dikenal oleh masyarakat dengan sebutan freezer box. dengan ciri bagian tutup freezer berada di bagian atas dan untuk  blast freezer dikenal masyarakat dengan sebutan freezer rak atau juga disebut freezer es batu

Ice pack dikatakan beku optimal jika warnanya telah memudar dan berbunyi nyaring ketika saling beradu.

Ice pack jenis pembeku dengan kualitas yang baik membutuhkan waktu selama 48 jam saat pertama kali dibekukan dan untuk pembekuan selanjutnya hanya membutuhkan waktu selama 12 - 16 jam. Sebab setelah pemakaian, saat akan dibekukan kembali ice pack masih menyimpan dingin. 

Jika untuk pembekuan awal ice pack membutuhkan waktu kurang dari 24 jam kemungkin ice pack tersebut adalah jenis ice pack pendingin berbahan hydrogel dengan suhu 0°C s/d -2°C, atau jenis homemade ice pack yang terbuat dari larutan alkohol dengan ketahanan dingin selama 2 - 3 jam dan jika selama berhari-hari di dalam freezer ice pack tidak mau membeku besar kemungkinan ice pack terbuat dari larutan garam dengan dingin yang tidak optimal dan hanya bertahan selama 1 - 3 jam seperti ice pack homemade berbahan larutan alkohol.

Agar pembekuan ice pack merata beri sepasi antara tumpukan ice pack dengan potongan karton seperti pada gambar.



Dianjurkan untuk menggunakan satu unit freezer yang dikhususkan untuk pembekuan ice pack (tidak dicampur dengan barang lain) agar freezer tidak terlalu sering dibuka-tutup sehingga ice pack dapat membeku dengan cepat dan optimal.



Sub Menu : 
Cara Pakai Ice Pack Untuk Daging
Cara Pakai Ice Pack Untuk Es Krim
Cara Menghemat 40% Listrik Freezer



Beralih ke www.frizjel.com