Cara Pakai Ice Pack Untuk Ikan & Daging




* * *


Pengawetan Ikan 
Dengan Ice Pack Friz Jel


Susun ice pack Friz Jel yang sudah dibekukan di dalam cooler box / styrofoam box seperti pada gambar kemudian Susun ikan atau daging pada bagian cooler box yang sudah diberi ice pack. (susunan antar ice pack maksimal per 2 cm)




​Pada setiap 20 cm tumpukan ikan / daging susun kembali ice pack dengan cara yang sama diatasnya




Letakkan beberapa botol ice pack di posisi teratas tumpukan ikan / daging untuk memastikan suhu dalam cooler box merata

​Cara pakai ice pack untuk ikan / daging per 24 jam 
​- 10   kg : 14 botol ice pack 
- 25   kg : 24 botol ice pack
- 50   kg : 40 botol ice pack
- 100 kg : 70 botol ice pack

Catatan: Gunakan kemasan botol ice pack ukuran 500 ml agar pengawetan ikan / daging tahan lama. Semakin besar kemasan ice pack, daya tahan pembekuan akan semakin pendek. Komposisi pemakaian ice pack diatas menghasilkan suhu antara -5°C hingga -7°C pada pengawetan ikan / daging selama 24 jam. 

​Hasil riset kami terhadap pengawetan ikan segar, ayam potong dan daging terbukti pemakaian ice pack Friz Jel lebih optimal dibanding menggunakan es batu, Dalam pengiriman per 100 kg ikan atau daging dengan menggunakan es batu umumnya  terdapat 5 - 15 % ikan / daging yang dikirim menunjukkan gejala pembusukan (lembek dan berlendir) dalam waktu kurang dari 24 jam, sementara dengan menggunakan Friz Jel 100 % ikan dan daging kiriman tetap segar dalam waktu antara 24 - 36 jam. Perhatikan bukti gambar paling bawah di halaman ini.

Untuk hasil terbaik, gunakan ice pack dengan cara bergantian, masukkan ice pack yang telah dipakai ke dalam freezer hingga membeku optimal sebelum dipakai kembali dan gunakan ice pack lain yang telah beku optimal untuk keperluan pengawetan. 

Agar pengadaan ice pack menjadi sangat murah, gunakan kemasan air mineral untuk mengemas ice pack. Lihat cara pembuatannya di halaman video pembuatan ice pack. 


Perbandingan pengawetan ikan 
dengan ice pack Friz Jel & es batu






Sub Menu :


Beralih ke www.frizjel.com